Powered By Blogger

Total Tayangan Halaman

Selasa, 01 Maret 2011

Kandungan Gizi

A. Riboflavin
Riboflavin berperan dalam memperlancar metabolisme tubuh. Kekurangan riboflavin dapat menyebabkan gejala retak-retak pada kulit terutama disudut bibir, retak-retak di lidah, mata perih dan cepat lelah bila terkena cahaya, serta (hampir sama dengan kekurangan vitamin A) dapat menyebabkan penglihatan menjadi buram. Menurut Jeff Nugent dalam buku “Permaculture Plants (2004)” Riboflavin dan Ascorbic Acid , yang dikandung wurmb meril, memperlancar metabolisme, memperbaiki kerja sel dan memperkuat kekebalan tubuh, kandungan riboflavon ini lah yang diolah menjadi PW5 sehingga PW5 dapat meningkatkan ketahanan tubuh, memperlancar metabolisme sampai pada membantu proses penyembuhan berbagai macam penyakit.
B. Isoflavon
Ikatan sejumlah asam amino dengan vitamin dan beberapa zat gizi lainnya dalam Glycine max Merrill ada yang membentuk flavonoid. Flavonoid adalah sejenis pigmen, seperti halnya zat hijau daun yang terdapat pada tanaman yang berwarna hijau. Senyawa ini biasanya memiliki ciri khas, yaitu mengeluarkan bau tertentu. Secara ilmiah, flavonoid sudah dibuktikan mampu mencegah dan mengobati berbagai penyakit. Dan salah satu jenis flavonoid yang sangat banyak terdapat Glycine max Merrill dan amat bermanfaat bagi kesehatan adalah isoflavon. Kandungan isoflavon yang tinggi inilah yang menjadi unggulan susu kedelai bubuk. Secara detail, fungsi isoflavon itu bagi tubuh adalah untuk:
1) Melancarkan metabolisme;
2) Melancarkan pencernaan;
3) Merupakan nutrisi lengkap;
4) Meningkatkan sistem imunitas;
5) Memperkuat struktur matriks tulang;
6) Menstabilkan tekanan darah;
7) Menurunkan kadar kolestrol darah;
8) Menstabilkan kadar gula darah;
9) Mencegah obesitas;
10) Mencegah penyakit ginjal;
11) Mengurangi gejala jantung koroner (Kardiovaskuler);
12) Mengurangi gejala stroke;
13) Mengurangi gejala rematik dan asam urat;
14) Mengurangi gejala maag;
15) Menghilangkan rasa lelah dan lesu;
16) Mengurangi gejala simpton menopause;
17) Memperlambat penuaan sel;
18) Mencegah tumbuhnya kanker, terutama kanker payudara dan prostat;
19) Menambah daya ingat dengan meningkatkan fungsi kognitif.
C. Kalsium
Berfungsi memperkuat daya tahan tulang dan gigi.
D. Protein Lengkap
Protein sangat berguna untuk proses pertumbuhan, perbaikan jaringan sel yang rusak, penambahan imunitas tubuh, dan lain-lain. Protein pada PW5 tersusun oleh sejumlah asam amino. Protein sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia pada tingkat usia manapun terutama bagi mereka yang banyak mengeluarkan tenaga yang cukup besar seperti para pekerja kasar dan olahragawan. Busung lapar merupakan salah satu contoh penyakit yang banyak terjadi pada masyarakat Indonesia akibat terjadinya kekurangan protein.
Yang menjadi ungggulan Glycine max Merrill jika dibandingkan dengan tanaman lainnya adalah kandungan proteinnya yang tinggi dan komposisinya. Komposisi protein Glycine max Merrill hampir sama dengan yang terkandung dengan susu sapi, dan kandungan lisisn Glycine max Merrill ternyata lebih tinggi dibandingkan dengan susu sapi. Oleh karena itu PW5 dapat digunakan sebagai pengganti susu sapi, terutama bagi mereka yang alergi terhadap susu sapi.
E. Lesitin
Lesitin adalah campuran fosfatida dan senyawa-senyawa lemak yang meliputi fosfatidil kolin, fosfatidil etanolamin, fofatidil inositol (penentu mutu dan khasiatnya) dan lain sebagainya. Lesitin merupakan bahan penyusun alami pada hewan maupun tanaman. Lesitin paling banyak diperoleh dari Glycine max Merrill. Kandungan lesitin bersama zat-zat lainnya pada Glycine max Merrill merupakan senyawa yang sangat tinggi khasiatnya sebagai obat awet muda, penguat dan mempertinggi daya tahan tubuh. Kesimpulan ini dikeluarkan oleh seorang naarsumber sewaktu ia berusia di atas 80 tahun dan keadaan fisiknya melemah serta sakit-sakitan. Namun setelah minum PW5, lama-kelamaan kesehatannya pulih. Kekuatan dan vitalitas hidupnya semakin baik dan mantap.
Lesitin memiliki sifat emulsif terhadap lemak. Di dalam tubuh orang berusia tua, kadar lemak di dalam darahnya selalu tinggi selama 5-7 jam, sehingga mengendap di dalam jaringan. Oleh karena itu, orang tua yang menyantap bahan makanan mengandung lesitin, maka pangan itu dapat menetralkan atau menormalkan lemak di dalam darahnya dalam waktu yang singkat. Kandungan lestitin dalam PW5;
1) Sebagai bahan dasar pembentukan sel, peremajaan tubuh.
2) Meningkatkan vitalitas.
3) Awet muda.
4) Buldozer kolesterol.
5) Mengandung asam lemak Esensial.
6) Mengandung asam lemak Omega 3, sifat anti inflamasi.
7) Sebagai penguat & meningkatkan daya tahan tubuh.
8) Menetralkan / menormalkan lemak dalam waktu singkat.
9) Melindungi sel dan oksidasi.
10) Membantu mencegah beberapa faktor penyebab asam urat (obesitas, displid), merupakan bahan pelindung yang mengelilingi otak.
F. Vitamin A, E, B1, B12
Vitamin merupakan molekul organik yang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk proses metabolisme dan pertumbuhan yang normal. Pada Glycine max Merrill terdapat beberapa jenis vitamin, yaitu:
 Vitamin A.
 Vitamin B1.
 Vitamin B2.
 Vitamin E.
Vitamin A pada Glycine max Merrill berasal dari karoten, yang merupakan bahan dasar vitamin A. Vitamin A sangat diperlukan dalam membantu kelacaran fungsi organ penglihatan dan pertumbuhan tulang.
Vitamin B1 atau yang sering disebut sebagai Tianin, sangat berperan dalam reaksi-reaksi dalam tubuh yang menghasilkan energi, dan kekurangan vitamin ini akan menyebabkan terganggunya fungsi syaraf. Gejala kekurangan vitamin ini adalah lelah, hilang nafsu makan, berat badan menurun, dan gangguan pencernaan. Kekurangan vitamin B1 yang berlebihan dapat menyebabkan penyakit beri-beri dan terganggunya kerja syaraf.
Sedangkan vitamin E dibutuhkan untuk melancarkan proses reproduksi dan proses menstruasi, mencegah impotensi, keguguran dan penyakit jantung Kardiovaskuler, meningkatkan produksi air susu, membantu memperpanjang umur dan sebagai antioksidan. Orang yang rajin mengkonsumsi antioksidan akan terlihat lebih muda ketimbang orang yang jarang mengkonsumsinya.
G. Serat
Serat merupakan jenis gizi yang berperan dalam memperlancar proses pencerenaan didalam tubuh. Kekurangan serat akan mengakibatkan seseorang kesulitan dalam proses buang air besar. Kondisi yang parah bahkan bisa menyebabkan kematian.

H. Tidak mengandung lemak jenuh (diantaranya kolesterol)
Kolesterol adalah bahan esensial untuk membangun dinding sel serta diperlukan untuk memudakan sel tubuh yang jumlahnya miliaran. Secara umum ada dua kandungan kolesterol yang didapatkan di dalam darah, yaitu low density lipoprotein (LDL) dan high density lipoprotein (HDL). LDL umum dinamakan kolesterol jahat karena bila kadarnya meningkat akan menyebabkan penimbunan dan selanjutnya meningkatkan risiko arterosklerosis (penyumbatan pembuluh jantung). Sementara HDL dinamakan kolesterol baik, karena dapat berperan sebagai pendobrak atau mengurangi penimbunan kolesterol pada pembuluh darah. Kehadiran HDL akan mengurangi risiko arterosklerosis. Perbandingan LDL terhadap HDL menentukan tingkat kadar kolesterol seseorang. Jumlah yang dianggap aman kalau kandungan LDL 60-70% sedang HDL sekira 25%.
Di dalam dinding sel pembuluh darah, lesitin HPF dapat menyebabkan lecithine cholesterol acyl transferase (LCAT) menjadi ester-kolesterol yang berperan sangat penting dalam pembentukan HDL. LCAT berperan dalam menentukan sintesis kolesterol. Ester-kolesterol bersifat lebih mudah bergerak dan non-asterogenik (tidak menyebabkan arterosklerosis) serta mudah dimetabolisasi dalam hati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar