Powered By Blogger

Total Tayangan Halaman

Selasa, 01 Maret 2011

MANFAAT YANG DIPEROLEH SETELAH MENGKONSUMSI PW5

A.Awet Muda
Rutinitas yang menggunung, ditambah polusi udara yang tidak dapat dielakkan membuat mekanisme tubuh manusia kian terganggu. Salah satu dampak yang nyata adalah kulit muka yang tampak beberapa tahun lebih tua dari usianya.
Sukarliono, seorang dokter yang mengembangkan berbagai penyembuhan alami mengatakan bahwa melalui uji klinis yang dilakukannya sendiri, ia memiliki pola makan tersendiri.
Menurutnya, pada pagi hari tubuh manusia melakukan detoksifikasi sehingga asupan yang dibutuhkan cukup sayur, kacang hijau, atau kedelai. Untuk makan siang, barulah dibutuhkan nasi, sepiring sayur, dan 15 gram lauk pauk. Hal yang sama juga dilakukan untuk makan malamnya, tetapi porsi nasi dikurangi, sayuran tetap sepiring, sedangkan lauknya ditingkatkan menjadi 150 gram. Pada malam hari, tubuh manusia mengalami regenerasi sehingga selain menu tadi, seseorang dianjurkan pula mengkonsumsi buah dan Glycine max Merrill.
Menurut dokter yang sudah tujuh tahun mendalami penelitian regenerasi sel ini, Glycine max Merrill merupakan sumber asam amino esensial yang baik bagi tubuh. Hal ini dikarenakan tidak memiliki risiko timbulnya toksin, tentu berbeda dengan daging. Pada daging, kadang-kadang terdapat asam amino yang tidak bisa disintesis oleh tuuh. Bila asam amino tersebut masuk ke dalam tubuh, maka sulit untuk dicerna dan malah membusuk pada usus besar hingga terjadi penumpukan toksin. Penumpukan tersebutlah yang dapat menghambat regenerasi sel sehingga terjadi penuaan dini pada seseorang.
Selain asam amino jenis itu, yang dapat menghalangi regenerasi sel adalah stres, kurang olah raga, pola makan tidak sehat, dan polusi yang meningkatkan jumlah radikal bebas pada tubuh. Agar regenarsi sel berjalan dengan baik, banyak cara yang bisa dilakukan. Misalnya dengan mengkonsumsisayur 60%, buah 20%, karbohidrat 10%, protein 10%, tidak banyak makan daging, memperbanyak minum air putih min 2 liter per hari, berolah raga rutin, serta memperbanyak konsumsi ikan dan kedelai. Memperbanyak konsumsi PW5 merupakan salah satu langkah jitu untuk meregenerasi sel agar dapat berjalan dengan baik sehingga seseorang bisa terlihat awet muda karena kandungan isoflavon PW5 mampu berfungsi sebagai antioksidan yang dapat mengikat toksin-toksin dalam tubuh.

B.Ketahanan Tubuh
Manusia akan senatiasa sehat apabila sistem imun tubuh yang dimilikinya tinggi. Sistem imun adalah sistem pertahanan tubuh terhadap serangan-serangan bakteri, biasanya disebut antigen. Antigen dihasilkan oleh mikroorganisme atau bahan-bahan kimia yang bersifat toksik. Menurut seorang peneliti yang bernama dr. Hery Winarsi, dalam bukunya yang berjudul Isoflavon. Menyatakan bahwa dalam Glycine max Merrill terkandung sangat banyak isoflavon yang berpotensi untuk melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan oksidatif, sehingga struktur membran sel tetap utuh dan dapat berfungsi dengan baik. Selain itu menurut penelitian dari Jeff Nugent dalam buku “Permaculture Plants (2004)” Riboflavin dan Ascorbic Acid , yang terdapat dalam wurmb merill, memperlancar metabolisme dan dapat memperkuat kekebalan tubuh.

C.Menopause
Bila kita berbicara tentang menopause yang pertama kali terlintas dalam pikiran kita adalah rasa sakit sebagai pertanda penting atas suatu ‘perubahan dalam kehidupan.’ Rasa sakit ini dikarenakan penurunan produksi hormon estrogen pada wanita dikarenakan fluktuasi hormonal pada akhirnya tubuh memproduksi lebih banyak hormon lutrinisin (LH) yang merangsang ovarium. Setelah kadar estrogen menurun, dinding vagina cenderung riskan terhadap infeksi. Menopause ini berakibat pula pada kekeringan di wilayah vagina dan rasa sakit saat melakukan hubungan seksual. Mengkonsumsi isoflavon dapat meningkatkan proses restorasi estrogen. Dengan tercapainya restorasi(perbaikan) tersebut, kelembapan pada vagina dapat dieprtahankan sehingga berbagai gejala umum yang muncul pada wanita menopause seperti hot flushes serta vagina dryness dapat dihilangkan.
Menurut Swain, seorang peneliti mengemukakan bahwa berdasarkan penelitiannya pada tahun 2002, dengan mengkonsumsi isoflavon 40gram/hari selama 24 minggu, mampu melindungi wanita menopause dari gejala stres oksidatif yang ditunjukan oleh meningkatnya stastus antioksidan plasma.
Struktur molekul isoflavon memang mirip dengan struktur estrogen sehingga isoflavon sering juga disebut fitoestrogen. Komponen fitoestrogen ini mampu memberikan efek positif terhadap jaringan tulang dan pembuluh arah, tetapi tidak memberi efek negatif pada jaringan payudara dan ovarium.

D.Kanker
Masyarakat Cina dan Jepang yang rendah risiko terkena kankernya. Bagi yang memiliki gejala kanker dini, asupan isoflovon dapat menghambat aktivitas faktor pertumbuhan, poliferasi, dan diferensiasi sel-sel malignan menyebabkan kanker itu berkembang. Isoflavon dapat menurunkan sirkulasi steroid ovarium serta meningkatkan siklus menstruasi.
Efek tersebut merupakan bagian dari penurunan risiko kanker payudara. Selain itu pemberian makanan yang mengandung isoflavon sejak masa muda (sebelum pubertas) dapat menekan risiko kanker payudara di masa datang. Sedangkan pada laki-laki, hormon testosteron—mirip dengan estrogen pada wanita—dapat mempercepat pertumbuhan kanker prostat. Dalam kasus ini, laki-laki membutuhkan isoflavon yang mengandung estrogen itu untuk membantu menurunkan risiko kanker prostat.

E.Osteoporosis
Osteoporosis adalah kelainan tulang akibat gangguan metabolisme yang disebabkan kekosongan susunan tulang sehingga tulang menjadi rapuh, mudah pecah, dan cenderung mengalami fraktur. Hal ini banyak terjadi pada wanita pasca menopause dan lelaki yang telah berusia lanjut. Namun pada kasus kebanyakan, wanita lebih rawan mengalami menopause. Penyembab utama menopause adalah menurunnya kadar etrogen dalam tubuh serta berkurangnya asupan kalsium dan vitamin D. Isoflavon dalam susu kedelai mampu menekan risiko terkena osteoporosis. Selain itu, isoflavon mampu mengalirkan nutrisi dan kalsium pada tulang sehingga dapat merapatkan tulang yang telah rapuh.

F.Atherosklerosis
Atherosklerosis, mungkin baru sedikit yang tahu tentang penyakit ini. Atherosklerosis merupakan sumbatan atau timbunan lemak di dalam atau di bawah lapisan intima dinding pembuluh nadi. Timbunan itu mengakibatkan terjadinya pengerasan, penurunan elastisitas, dan penyempitan lumen yang diikuti oleh klasifikasi atau pengapuran. Ini bisa berdampak lebih luas hingga jantung koroner, stroke, atau risiko tertinggi yaitu kematian.
Atherosklerosis terjadi karena kadar kolesterol LDL (Low Density Lipoprotein)—lemah jahat—yang banyak mengendap dalam tubuh. Isoflavon kembali menjalankan misinya sebagao kardioprotektor yang bertugas memperbaikiprofil lipid, yaitu dengan menurunkan kadar kolesterol total.

G.Diabetes Mellitus
Diabetes mellitus merupakan dampak dari peningkatan kadar gula darah akibat terganggunya fungsi insulin yang mengakibatkan kelainan metabolisme karbohidrat, protein, lemak, air dan elektrolit.
Protein Glycine max Merrill kaya akan arginin dan glisin (asam amino) yang merupakan komponen penyusun insulin dan glukogen yang disekresi oleh kelenjar pankreas. Makin tinggi asupan protein Glycine max Merrill, sekresi insulin dan glukogen dalam jaringan tubuh akan makin meningkat. Dengan demikian, kadar glukogen darah akan berkurang karena sebagian akan diubah menjadi energi. Selain itu kandungan glisemik yang dimiliki wurmb merill dengan indek glisemik sangat rendah yaitu 35 indek glisemik, berfungsi mengetahui seberapa cepat makanan dapat diubah menjadi glukosa. Makin rendah indek glisemik makin aman bagi pankreas, artinya wurmb merill pun sangat berperan untuk melindungi diabetes Hal inilah yang membuat penyakit diabetes pada tubuh penderita dapat ditekan.

H.Maag
Maag merupakan infeksi lambung yang tidak dapat beradaptasi dengan beberapa jenis makanan/minuman tertentu. Makanan pedas, kecut, tentu akan menambah iritasi dan mengakibatkan pendarahan. Asam lambung dan enzim pada lambung mampu memperparah kondisi iritasi lambung. Maka. Penderita maag harus memiliki kedisiplinan yang ketat untuk selalu menjaga kesehatan lambungnya dengan pola makan teratur dan menu yang sehat.
Tanaman seperti kunyit, temulawak, kencur, adas,dan beberapa tamanan lain dipercaya mampu menanggulangi maag. Namun berdasarkan penelitian Dr. Hery Winarsi, seorang peneliti isoflavon mengatakan bahwa isoflavon mampu melindungi sel dari kerusakan. Isoflavon juga membuat sel berfungsi dengan baik dan sistem imun tubuh meningkat. Asupan isoflavon pada penderita maag dapat memperbaiki kulit lambung yang mengalami kerusakan dan meningkatkan sitem imun lambung. Selain itu, asupan susu kedelai dapat memberi tambahan nutrisi karena mengandung vitamin dan mineral esensial seperti kalsium dan zat besi yang aman untuk orang yang bermasalah dengan lambungnya.

I.Kelainan Fungsi Kognitif
Salah satu penyakit yang berkaitan dengan kognitif adalah alzheimer yang sering kita sebut pikun. Terjadinya alzheimer diduga sebagai akibat dari adanya penumpukan protein abnormal yang bersifat toksik di bagian tertentu otak. Hal ini dapat menyebabkan terjadinya kerusakan struktur sel syaraf. Penyakit alzheimer ini sangat berkuasa di negara adidaya itu. Dilaporkan, sekira 4 juta orang di Amerika Serikat mengidap penyakit tersebut, termasuk diantaranya Mantan Presiden Ronald Reagan.
Sebuah penelitian menunjukan bahwa dengan pemberian suplemen isoflavon sebanyak 110 mg per hari kepada wanita postmenopause selama enam bulan berturut-turut dapat memperbaiki memori verbal pada otak mereka. Selain itu, pada penelitian lain, pemberian konsumsi kedelai secara rutin kepada seseorang mampu menurunkan jumlah protein abnormal pada otaknya.

J.Autis
Autis merupakan suatu penyakit yang diakibatkan oleh gangguan pencernaan, penyerapan, dan metabolisme gizi yang berdampak pada perkembangan perilaku komunikasi, bicara, dan kemampuan motorik seorang anak. Meskipun secarak asat mata anak yang menderita autris terlihat sehat, ia tidak mampu bersosialisasi dari lingkungan itu dan hidup di tengah dunianya sendiri.
Salah satu jenis makanan yang baik bagi penderita autis adalah Glycine max Merrill, karena penderita autis tidak diperkenankan meminum susu berprotein hewani yang mengandung asam amino kasein.
Berdasarkan hasil penelitian, dalam tubuh anak-anak autis, kasein sulit dicerna secara sempurna. Akibatnya, kasein akan membentuk serpihan-serpihan peptida. Secara normal, peptida akan dibuang melalui urine, namun sebagian diserap kembali ke dalam aliran darah, kemudian masuk menembus blood brain barrier, dan selanjutnya ke otak. Dalam otak peptida itu, akan ditangkap oleh sejenis reseptor yang kemudian mengubah fungsinya menjadi morfin yang bermana casomorphin. Dalam sistem syaraf pusat, casomorphin ini akan mengacaukan fungsi syaraf. Akibatnya, persepsi, kognisi, emosi, dan perilaku terpengaruh yang selanjutnya menimbulkan gejala autisme.

K.Rematik / Asam Urat
Rematik gout atau menurut orang banyak disebut asam urat ini merupakan gangguan metabolik yang disebabkan tingkat asam urat yang menumpuk dalam jaringan tubuh.
Rematik adalah zat yang merupakan hasil akhir dari metabilisme purin dan dibuang melalui urin. Namun, pada penderita rematik terdapat timbunan kristal asam urat dalam pesendian. Kristal-kristal tersebut akan menyebar ke dalam rongga-rongga sendi sehingga terjadilah peradangan akut. Berdasarkan penelitian, 29% penderita asam urat menderita batu ginjal secara bersamaan. Penyakit ini cenderung disebabkan oleh faktor keturunan dan lebih banyak menyerang pria dewasa dibanding wanita. Berdasarkan penelitian, bangsa Maori di Selandia Baru dan bangsa-bangsa di Asia Tenggara lebih rentan terhadap penyakit ini. Konon, Suku Tapanuli dan Minahasa, di Indonesia berpeluang besar terkena penyakit ini ketimbang suku lainnya.
Kadar asam urat darah pria normal adalah 8mg/dl dan wanita 7 mg/dl. Kandungan lesitin dalam Glycine max Merrill mampu menetralkan timbunan kristal dalam persendian sehingga radang dalam rongga-rongga sendi perlahan dapat berkurang dan mengembalikan kadar asam urat darah pada kondisi normal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar